Cara Mengencangkan Kulit Wajah untuk Mengatasi Kulit Kendur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Seiring berjalannya waktu, tanda-tanda penuaan akan bermunculan. Salah satu dampaknya adalah membuat kulit menjadi kendur. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang bisa kamu lakukan.

Cara yang direkomendasikan adalah menggunakan krim yang mengandung kolagen, rutin mengeksfoliasi kulit wajah, dan menggunakan pelembap. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, sebagian orang menjalani operasi plastik.

Peran Kolagen sebagai Bagian dari Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit adalah organ terbesar di tubuhmu dengan salah satu fungsinya yang penting, yaitu melindungi dirimu dari infeksi dan kuman. Tentunya hal itu mengharuskanmu selalu menjaga kesehatan kulit.

Organ yang juga berfungsi melindungi organ-organ dalam ini terbagi menjadi tiga lapisan, yaitu lapisan terluar yang dikenal dengan epidermis, lapisan tengah yang disebut dengan dermis, dan lapisan terdalam yang dinamakan dengan subkutan atau subkutis.

Lapisan kulit tengah atau dermis adalah tempat terdapatnya kolagen. Kolagen adalah protein yang membentuk 75 persen organ kulit. Pada usia seseorang yang masih muda, produksi kolagen melimpah ruah. Sedangkan seiring pertambahan usia, produksinya akan menurun.

Kolagen bertanggung jawab menangkal kemunculan keriput dan garis-garis halus pada wajah sebagai tanda-tanda penuaan. Namun sayangnya seiring berjalannya waktu, faktor lingkungan dan penuaan alami akan merusak persediaan kolagen pada kulitmu.

Elastin Juga Bisa Dimanfaatkan sebagai Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Selain kolagen, di lapisan dermis juga ditemukan elastin. Elastin memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan kolagen, yaitu menyokong pembentukan struktur yang baik bagi kulitmu. Kerusakan atau berkurangnya kadar elastin bisa menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Elastin dan kolagen merupakan protein yang ditemukan di dalam kulit dan bekerja sama mendukung pembentukan tekstur dan bentuk kulit yang baik. Saat kadar kolagen dan elastin pada kulitmu masih melimpah, maka sel-sel yang mengandung kolagen dan elastin pun menjadi kuat dan terlihat awet muda.

Beberapa faktor yang menjadikan elastisitas kulit menghilang, antara lain:

Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Produk-produk Kecantikan

Bagi kamu yang senantiasa menjaga kesehatan penampilan wajah, kehilangan elastisitas kulit wajah adalah perkara yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara mengencangkan kulit wajah, di antaranya:

Menggunakan krim pengencang kulit

Produk seperti ini mengandung banyak kolagen dan elastin yang bisa membantu mengencangkan kulit. Cobalah produk topikal (oles) seperti retinol atau retinoid yang dijual bebas untuk membantu memicu produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulitmu.

Terapi IPL (Intense Pulsed Light)

Seperti prosedur perawatan dengan laser pada umumnya, terapi IPL difokuskan pada bagian bawah lapisan kulit dermis. Cahaya laser yang agak panas mampu menghancurkan sel-sel untuk memperbarui kulitmu. Hal ini dipercaya mampu mendorong kulit memproduksi kolagen untuk melawan garis-garis halus serta keriput.

Suntik filler (dermal filler)

Kandungan kolagen yang ada di dalam suntik filler akan disuntikkan ke dalam jaringan kulit sehingga menjadikan kulit lebih kenyal dan terlihat lebih segar.

Eksfoliasi kulit

Eksfolisasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit. Carilah scrub yang berbahan ringan dan halus atau gunakan sikat pembersih khusus eksfoliasi elektronik yang bertekstur lembut.

Rutin menggunakan pelembap wajah

Oleskan pelembap wajah tiap hari untuk menjadikan penampilan wajahmu tampak lebih muda.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Gunakan tabir surya dengan kadar SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulitmu dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari.

Bagi kamu yang menginginkan efek yang lebih cepat, cobalah dengan menjalani operasi kecantikan. Meski begitu, prosedur ini berbiaya lebih mahal dan mengandung risiko luka yang tidak sembuh akibat infeksi.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Jika kulitmu ternyata tidak cocok dengan produk kecantikan atau berisiko tinggi mengalami alergi, mungkin lebih baik kamu mencoba cara mengencangkan kulit wajah secara alami, misalnya:

Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C sangat penting sebagai bagian dari proses sintetis asam hialuronat. Asam ini rupanya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan asam amino, kesehatan kulitmu akan tetap terjaga. Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin C adalah brokoli, paprika merah, jeruk, dan stroberi.

Gel lidah buaya

Tanaman lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen.Gel lidah buaya bisa langsung dioleskan untuk mendapatkan manfaat mengencangkan kulit wajah yang lebih baik.

Konsumsi makanan kaya akan protein dan omega-3

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat menjadikan produksi kolagen di kulit meningkat. Pada sisi yang sama, konsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan, dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini bisa dijadikan sebagai cara mengencangkan kulit yang menyehatkan.

Mencukupi asupan cairan

Mencukupi cairan tubuh juga merupakan langkah yang baik untuk mengencangkan kulit. Kulit yang terhidrasi secara ideal mampu memperbaiki penampilannya dan meningkatkan kinerja alami kulit.

Setelah mengetahui cara mengencangkan kulit wajah yang aman, kini kamu bisa akhirnya bisa mendapatkan kulit yang sehat. Untuk memaksimalkan upaya, cobalah untuk menjauhi perilaku-perilaku yang dapat memperburuk kesehatan, seperti merokok, karena dapat mempercepat penuaan kulit.

Satu lagi, lebih baik untuk menghindari konsumsi suplemen kolagen karena dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan, seperti reaksi alergi, nyeri sendi, dan produksi kalsium berlebihan.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: