Cara Merawat Kuku Ternyata Mudah, Begini Caranya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kuku adalah cerminan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagimu untuk senantiasa merawatnya, apalagi caranya pun tidak sulit. Lalu, bagaimana cara merawat kuku yang baik dan benar?

Kuku tersusun dari banyak lapisan protein yang keras, disebut dengan keratin. Kuku yang sehat memiliki ciri-ciri terasa lembut jika diraba dan bertekstur keras, tidak berlubang dan tidak beralur, tidak ada bintik-bintik, dan tidak mengalami perubahan warna.

Bagaimana Cara Merawat Kuku yang Benar?

Kamu bisa melakukan perawatan kuku di rumah dengan mudah. Namun, sebagian wanita lebih memilih melakukan perawatan kuku di salon sebagaimana terdapat berbagai bentuk perawatan khusus yang disediakan di sana.

Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari proses perawatan kuku, antara lain:

  • Pastikan kuku tetap bersih dan kering

Usahakan untuk selalu menjaga kuku tetap bersih dan kering. Hal ini bertujuan mencegah bakteri tumbuh di balik kuku jarimu.

  • Potong kuku secara rutin

Selalu gunakan gunting kuku yang tajam untuk memotong kuku. Potong kuku secara lurus dan buatlah ujung kuku melengkung dengan lekukan yang lembut agar hasil potongannya baik dan tidak menggores kulitmu sendiri.

Lakukan hal ini secara rutin ketika kuku terlihat telah memanjang. Jika kuku kakimu tebal, keras, dan sulit untuk dipotong, ada baiknya untuk merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam terlebih dahulu selama setidaknya 5-10 menit.

  • Biasakan kembali membersihkan kuku dengan sikat

Salah satu cara merawat kuku yang mungkin terlupakan adalah membersihkannya dengan sikat. Banyak wanita yang berisiko terserang infeksi akibat menggunakan alat pembersih kuku yang berbentuk panjang dan runcing, baik yang ada di rumah atau pun di salon kecantikan.

  • Gunakan pelembap

Jika kamu sedang mengoleskan losion pada tangan dan tubuh, jangan lupa untuk mengoleskannya pada kuku dan bagian kutikulanya. Losion bisa menjadi pelembap kuku juga.

  • Perkuat kuku dengan lapisan pengeras

Kamu bisa menggunakan lapisan pelindung atau pengeras kuku yang dapat membantu memperkokoh permukaan kuku.

  • Gunakan sarung tangan ketika mencuci

Tangan yang sering dicelupkan ke dalam air panas dan air sabun bisa membuat kuku menjadi lemah. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan sarung tangan atau pelindung tangan ketika mencuci piring, baju, atau melakukan hal-hal lainnya yang dirasa berisiko merusak kuku.

Jika kamu ingin kukumu tumbuh lebih cepat, rendamlah kuku di dalam larutan gula, garam, dan minyak sayur tiap hari.

  • Kurangi perawatan manikur

Usahakan untuk mengurangi frekuensi perawatan manikur. Kadang kala biarkan kuku tumbuh secara alami dan potong seperlunya ketika sudah terlalu panjang. Tunda dulu perawatan yang tidak bersifat darurat. Selain itu, hindari penggunaan kuku palsu akrilik sebagaimana dapat memicu infeksi kuku.

  • Gunakan tabir surya di tangan

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada seluruh permukaan tangan, termasuk pada kuku, jika kamu ingin beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah terpapar radiasi dari sinar matahari.

  • Jauhkan tangan dari mulut

Mulutmu adalah area yang kotor dan air liurmu bisa saja mengandung enzim yang dapat merusak kulit. Maka dari itu, hindari menggigiti kuku atau menggigiti kutikula.

  • Menjaga kulit dari dalam

Makan dengan baik dapat memperbaiki kesehatanmu secara umum, termasuk menjaga kesehatan kuku. Mulai biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, protein, zat besi, vitamin D, zinc, dan magnesium.

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B yang penting untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Biotin juga berperan membantu meningkatkan kekuatan rambut dan kuku. Setidaknya, dibutuhkan sekitar 2,5 miligram biotin tiap hari untuk meningkatkan kekuatan kuku.

Kamu bisa mendapatkan asupan biotin dari telur, ikan sarden, gandum utuh, pisang, jamur, kacang-kacangan, dan kol bunga.

  • Rutin membersihkan kuku yang menggunakan cat kuku

Jika kamu menggunakan cat kuku atau kuteks, jangan lupa untuk dibersihkan secara rutin. Untuk menghilangkannya, cukup gunakan kapas yang direndam dengan penghapus cat kuku dan hapus semua cat kuku hingga bersih seluruhnya.

Setelah cat kuku sudah dihilangkan sepenuhnya, rendam jari-jemarimu ke dalam semangkuk air sabun khusus untuk membersihkan tangan selama setidaknya lima menit, lalu keringkan.

Kini Kamu harus Lebih Perhatian dengan Kesehatan Kukumu

Kuku adalah cerminan dari kesehatanmu. Mulailah membiasakan diri untuk menerapkan pola makan yang sehat jika kamu menginginkan kuku yang sehat, kuat, dan cepat tumbuh.

Pola makan sehat didukung oleh konsumsi makanan dengan nilai nutrisi yang seimbang, yaitu makanan dari buah-buahan, sayur-sayuran segar, berbagai sumber protein tanpa lemak, mencukupi asupan karbohidrat, serta memperbanyak konsumsi sumber lemak sehat.

Pastikan untuk menerapkan cara merawat kuku yang telah dipaparkan di atas dengan benar. Jika kamu kerap menjalani perawatan manikur dan pedikur, pastikan bahwa salon pilihanmu telah memiliki lisensi. Salon yang resmi akan mengedepankan keamanan pelanggan sehingga alat-alat yang digunakan selalu dalam keadaan steril.

Konsultasikan kepada dokter jika kukumu mengalami perubahan warna, perubahan bentuk atau tekstur, mengalami penipisan atau penebalan, kuku terpisah dari kulit di sekitarnya, mengalami pendarahan di sekitar kuku, pertumbuhan kuku yang terhambat, serta jika terjadi pembengkakan atau merasakan perih di sekitar kuku.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: