Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Tangan di Sini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Banyak wanita beranggapan bahwa menjaga kulit wajah sangatlah penting. Kendati tidak terlalu diperhatikan, penuaan dini pada tangan juga bisa saja terjadi. Ada sedikit bagian lemak pada punggung tangan yang terkena dampaknya ketika sejumlah kecil serat kolagen atau elastin mulai mengalami kerusakan.

Kondisi ini sebenarnya dinilai sebagai kondisi yang normal, namun bagi kamu yang mengutamakan penampilan kulit yang lebih sehat, mencari tahu penyebab dan dampak penuaan dini pada tangan masih bisa dilakukan.

Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit menjadi lemah, kulit menjadi kendur karena kehilangan struktur pendukungnya. Selain itu, beberapa faktor risiko lainnya dapat menjadikan kulit mengalami penuaan yang seharusnya baru akan terjadi bertahun-tahun kemudian, seperti:

Penyebab Penuaan Dini pada Tangan dan Kulit

Penuaan pada kulit tangan biasanya dimulai pada kisaran usia 40an hingga 50an. Kondisi ini ditandai dengan adanya perubahan warna dan bintik-bintik penuaan. Risiko penuaan dini pada tangan akan meningkat jika kulit terpapar sinar matahari langsung secara berulang kali tanpa perlindungan.

Penuaan dini pada tangan dapat dialami oleh semua orang dari semua jenis kulit, meski lebih sering menimpa kulit yang berwarna terang. Hal ini dapat ditandai dengan adanya bintik-bintik pada kulit tangan yang disebabkan oleh sel pigmen yang terlalu aktif.

Sinar ultraviolet dapat mempercepat percepatan produksi melamin yang kemudian memicu terjadinya penuaan dini pada tangan dan penuaan kulit terkait lainnya.

Beragam aktivitas yang biasa dilakukan oleh kaum wanita, seperti mencuci piring, mencuci baju, menyapu, dan memasak dapat menyebabkan hilangnya minyak sebagai pelindung kulit alami. Berdasarkan alasan-alasan itu, tangan membutuhkan kelembapan lebih banyak dibandingkan bagian tubuh yang lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Tangan?

Secara umum, penuaan dini pada kulit masih dapat dicegah. Seseorang yang memiliki tanda-tanda penuaan dini pada kulit bisa mendapatkan keuntungan berkat perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penuaan dini pada tangan adalah :

Selalu menggunakan tabir surya

Ingatlah untuk menggunakan tabir surya dengan tingkat SPF di atas 30 pada tangan dan oleskan berulang kali sepanjang hari setelah mencuci tangan. Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum pergi ke luar ruangan.

Menggunakan pelembap

Selain tabir surya, jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Segala jenis pelembap dapat berfungsi lebih efektif bila diaplikasikan pada kulit yang sedikit lembap.

Maka dari itu, lebih baik mengoleskan pelembap kulit setelah mandi atau setelah mencuci tangan. Produk pelembap yang baik untuk kulitmu setidaknya harus mengandung shea butter, minyak kacang macadamia, minyak zaitun, vitamin E, dan gliserin.

Meski losion pelembap tidak akan mengembalikan kerusakan kulit akibat sinar matahari atau membuat kolagen baru, namun pelembap dapat menjadikan kulit lebih kenyal dan terlihat lebih muda atau segar.

Menggunakan krim tangan yang memiliki kandungan dari tumbuhan

Krim tangan yang berbahan dasar tumbuhan pada umumnya mengandung faktor pertumbuhan yang mana dapat meningkatkan pembentukan kolagen baru juga. Losion yang mengandung faktor pertumbuhan dipercaya dapat memperbaiki keriput pada tangan setelah penggunaan sekitar dua bulan.

Mengenakan sarung tangan

Kenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan di luar ruangan, seperti saat berkebun, berolahraga, atau berkendara.

Hindari sinar matahari ketika sedang terik, yaitu antara pukul 10.00-14.00

Pada waktu ini, sinar matahari menjadi lebih intens. Cobalah untuk menjadwalkan ulang aktivitas di luar ruangan ketika sinar matahari tidak sedang terik.

Filler tangan

Jika kamu mengalami penuaan dini pada tangan, mungkin kamu bisa mencoba suntik filler pada tangan. Cara ini hanya memakan waktu selama 20 menit, namun harus dilakukan oleh dokter atau ahli estetika. Hasilnya pun dapat bertahan selama 1-2 tahun, lebih lama dibandingkan filler wajah. Suntikan filler tangan juga dipercaya dapat merangsang produksi kolagen dan elastin tubuh sendiri.

Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat nan rupawan, kamu tidak boleh mengabaikan menu makanan yang sehat. Konsumsilah makanan yang baik untuk kulit, yaitu buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti stroberi, jeruk, pepaya, dan kiwi.

Selain itu, cobalah minum teh hijau yang kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit, buah delima, konsumsi makanan yang mengandung mineral (udang, domba, salmon, sarden, tiram), serta konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A.

Sebagai tambahan nutrisi untuk kulit, jangan lupa untuk mengonsumsi telur dan makanan olahan susu rendah lemak.

Mencukupi kebutuhan cairan

Minum air adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat. Asupan cairan yang ideal juga menjadikan kulitmu lembap dan menyamarkan garis-garis halus dan keriput. Selain itu, minum air juga dapat membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan membuang racun.

Disarankan untuk meminum  sembilan gelas air putih sehari. Namun, kamu juga dapat mencukupi kebutuhan air atau cairan dari air di dalam buah-buahan, sayur-sayuran, jus buah, dan susu sesuai dengan jumlah total kebutuhanmu.

Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur adalah salah satu kunci memiliki kulit yang sehat. Olahraga dapat membantu dan mendorong sirkulasi darah demi menunjang upaya menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Dengan meningkatnya aliran darah, olahraga dapat membantu memberi nutrisi pada sel kulit dan membuatnya tetap vital.

Hindari sabun yang memiliki kandungan kimia terlalu kuat

Lebih baik untuk menghindari penggunaan sabun yang kuat. Sabun dan deterjen yang terlalu banyak mengandung bahan kimia dapat menghilangkan minyak pada kulitmu. Sebagai gantinya, pilihlah pembersih atau sabun yang lebih lembut.

Siapa saja dapat mengalami penuaan dini pada tangan. Jika beberapa cara di atas belum dapat mengatasi penuaan dini pada tangan, kamu disarankan untuk mengonsultasikannya kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: