Ingin Kulit Bersinar? Yuk, Coba Diet Air Putih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Karena peranannya yang penting untuk melindungi seluruh bagian tubuh dari kuman dan juga berbagai infeksi, tidak mengherankan jika para wanita rela merogoh kocek cukup mahal demi mendapatkan kulit yang cantik, sehat, dan bersinar.

Kurangnya asupan cairan, kebiasaan buruk merokok, paparan sinar matahari berlebihan, kurang berolahraga, serta kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji adalah faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan sekaligus penampilan kulitmu.

Pada kenyataannya, perawatan kulit memang merupakan hal utama yang sangat diperhatikan oleh kaum wanita. Hampir semua wanita menginginkan kulit yang sehat dan bersinar dan mungkin termasuk dirimu juga. Jadi tidak aneh jika kamu sering menggonta-ganti produk kecantikan di pasaran demi mendapatkan penampilan terbaik.

Dalam hal ini, sudahkah kamu mencoba diet air putih? Selain murah dan mudah dilakukan, diet ini dipercaya dapat membuat kulitmu bersinar. Bukan tanpa alasan, kebaikannya akan membuat kulitmu terhidrasi dengan baik serta mencegah timbulnya kerutan.

Manfaat Diet Air Putih untuk Kesehatan Kulit

Diet air putih adalah pola makan yang hanya melibatkan minum air putih saja tanpa makan apa pun. Air putih adalah kombinasi dari hidrogen dan oksigen yang merupakan kandungan mendasar dari cairan tubuhmu. Hampir dua pertiga dari tubuhmu adalah cairan.

Tiap harinya, jumlah air di dalam tubuh akan terbuang melalui proses sekresi alami. Tanpa asupan air yang cukup, kulitmu bisa saja menjadi kering dan organ-organ di tubuhmu tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk mencukupi jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh pada tiap hari. Selain untuk menunjang kesehatan tubuh, air putih ternyata menyimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kulitmu, di antaranya:

  • Membuat kulit lebih cerah

Salah satu manfaatnya adalah mencerahkan kulit. Selain itu, diet ini dapat menjadikan kulitmu tampak segar dan bersinar.

  • Menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik

Dengan rutin melakukan metode ini, maka kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit karena kulit dan organ di tubuhmu mendapatkan cairan yang cukup sehingga mereka dapat berfungsi dengan baik.

  • Menghilangkan racun dari tubuh

Asap rokok, polusi, dan lainnya, bisa berbahaya untuk kesehatan kulit dan tubuhmu karena mengandung racun. Guna menjaga tubuh selalu bugar, kamu disarankan untuk banyak minum air putih tiap hari.

Air putih dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan membuangnya melalui tinja dan urine. Jika kotoran tersebut rutin dibuang dari tubuhmu, maka darah segar akan terbentuk secara efektif yang sangat berguna bagi kesehatan kulitmu. Karena pada umumnya, masalah kulit disebabkan oleh darah kotor.

  • Memproduksi sel-sel baru

Air juga merupakan kunci bagi tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru. Produksi sel-sel baru akan membuat kulitmu menjadi cantik.

  • Mencegah penuaan kulit

Penelitian membuktikan bahwa diet air putih berdampak positif bagi kulit dan bisa mencegah penuaan dini pada kulit.

  • Menghilangkan jerawat lebih cepat

Diet air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah. Menurut para ahli, diet jenis ini juga mampu meningkatkan warna kulit sehingga menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Selain itu, mampu membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Menjalani Diet Air Putih?

Meski terdengar mudah, namun nyatanya cukup sulit melakukan diet air putih. Salah satu penyebabnya adalah kamu harus menghindari beragam minuman manis yang mungkin saja kamu sukai. Selain itu, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan, antara lain:

  • Kamu disarankan untuk meminum lebih banyak air putih. Takaran yang disarankan adalah sebanyak setengah jumlah berat badanmu. Jadi, jika berat badanmu 50 kg, maka kamu harus minum 25 kg air sehari.
  • Minumlah air putih setelah bangun tidur, sebelum dan setelah makan, serta setelah berolahraga.
  • Perhatikan air yang kamu minum. Sebaiknya, pilihlah air mineral atau air suling.
  • Jika kamu berada di luar rumah, jangan lupa untuk membawa sebotol air putih agar diet ini tetap bisa dilanjutkan.

Jangan Lupa untuk Tetap Melakukan Perawatan Kulit

Selain melakukan diet air putih, untuk mendapatkan kulit tetap sehat dan cantik, ada beberapa hal yang kamu bisa lakukan, seperti:

  • Minimalkan penggunaan make up.
  • Rutinlah membersihkan wajah tiap hari.
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas sebagaimana cahaya matahari dapat berdampak buruk pada kesehatan kulitmu, seperti menimbulkan jerawat, kerutan, bintik-bintik hitam, hingga kanker kulit.
  • Cobalah lakukan exfoliating kulit wajah secara rutin demi menghilangkan sel-sel mati pada wajah yang berpotensi menyumbat pori-pori kulit dan berisiko menyebabkan jerawat. Manfaat lainnya dapat membuat kulitmu tampak lebih bercahaya juga. Namun, jangan lakukan tiap hari karena bisa menyebabkan kulit kering.
  • Jangan lupa untuk rajin menggunakan pelembap agar kulitmu terhidrasi dengan baik. Kamu disarankan untuk mengoleskan pelembap dua menit setelah mandi atau mencuci muka agar pelembap dapat terserap kulit dengan baik.
  • Selain itu, kamu juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan bermanfaat untuk kulit, seperti makanan yang mengandung vitamin C dan A, serat, zinc, dan zat besi.

Kendati memiliki segudang manfaat, diet air putih tetap tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan keracunan air dan dianggap sebagai kondisi medis darurat. Kamu bisa konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan saran mengenai cara menjalani diet dengan tepat dan aman.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: