Kerutan di Wajah Bisa Dilawan dengan Teknik Rahasia Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kerutan di wajah nyatanya adalah gangguan kulit yang tidak terhindarkan sebagaimana kemunculannya didukung oleh faktor bertambahnya usia seseorang. Tanda-tanda penuaan ini menjadikan kulit tidak lagi terasa kencang dan mulus seperti saat kamu masih berusia muda.

Sebagian wanita kerap mencari cara untuk mengatasinya sebagaimana hal ini bisa mengganggu kepercayaan diri. Bagian-bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari dan rawan mengalami kondisi ini meliputi wajah, leher, punggung tangan, lengan atas, dan lengan bawah.

Apa Penyebab Timbulnya Kerutan di Wajah?

Kulit memiliki tiga lapisan, yaitu lapisan terluar yang disebut dengan epidermis, lapisan tengah yang disebut dengan dermis, dan lapisan terdalam yang disebut dengan lapisan subkuntan.

Kenapa ketika masih muda, kamu tidak berkeriput? Karena pada saat muda, kulit mampu melakukan tugasnya yang luar biasa dalam menahan kelembapan dan memproduksi kolagen, yaitu sejenis protein pada kulit lapisan tengah (dermis). Kolagen berperan dalam mencegah keriput.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menipis. Sebagai efeknya, lapisan dermis mulai kehilangan elastin sehingga membuat kulit menjadi lebih tipis dan memicu munculnya keriput atau kerutan.

Beberapa penyebabnya adalah tingkatan pigmentasi kulit alami, hilangnya lemak subkutan pada tubuh, kebiasaan buruk merokok jangka panjang, faktor genetik atau keturunan, paparan sinar matahari, dan jenis kulit tertentu. Umumnya, seseorang yang memiliki kulit berwarna terang dan mata biru, dinilai rentan memiliki kerutan.

Hampir semua orang yang berusia di atas 50 tahun akan memiliki kerutan di wajahnya, baik pria maupun wanita. Namun, kaum hawalah yang kerap mencari cara menghilangkan kerutan di wajah, termasuk kerutan pada bagian kulit lainnya. Apalagi, kondisi ini akan memberi kesan bahwa dirinya makin menua.

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dan Bagian-bagian Lainnya

Kehadiran kerutan nyatanya dapat mengganggu penampilanmu, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri. Jika kamu memiliki kerutan di wajah, beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah ini bisa dipilih.

  • Menggunaan retinoid. Di antara pilihan perawatan medis pada umumnya, cara ini telah terbukti dan efektif dapat memperbaiki penampilan akibat penuaan, seperti pigmentasi, kulit kering, dan kerutan. Pada mulanya, penggunaan obat ini dapat menyebabkan kulit kemerahan dan pengelupasan yang pada akhirnya akan berhenti sendiri.
  • Menggunakan produk perawatan yang mengandung antioksidan. Produk yang mengandung antioksidan juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta beta karoten. Produk ini dapat memberikan perlindungan kulit, melindungi diri dari efek negatif sinar matahari, dan menghambat keriput di wajah.
  • Menggunakan pelembap secara rutin untuk mengurangi keriput. Meski begitu, hal ini hanya bisa berlangsung sementara.
  • Melakukan chemical¬†peeling dengan asam salisilat, asam trikloroasetat, dan asam glikolat. Konsultasikan kepada dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan informasi mengenai teknik penerapan chemical peeling yang tepat beserta apa saja risiko efek sampingnya.
  • Melakukan mikrodermabrasi. Teknik pengamplasan kulit ini dapat menghilangkan keriput atau kerutan di wajah, selain dapat membuat kulit terasa halus. Mikrodermabrasi bisa dilakukan pada semua jenis kulit. Akan tetapi, melakukan cara ini dapat membuat kulitmu menjadi kemerahan untuk setidaknya 24 jam.
  • Menggunakan produk-produk kecantikan, seperti foundation atau primer. Baik foundation maupun primer, sejatinya tidak bisa menghilangkan kerutan di wajahmu, namun setidaknya bisa menyamarkan tampilan kerutan.
  • Menerapkan operasi plastik. Operasi plastik dapat membantu beragam masalah pada kulit wajah. Jika kamu ingin melakukannya, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan saran terbaik.
  • Menjalani terapi sinar laser. Dokter dapat menggunakan sinar laser untuk merangsang produksi kolagen kulit. Sangat disarankan untuk hanya menerapkan cara ini di klinik kecantikan legal yang memiliki sertifikasi saja.

Bagaimana Cara Mencegah Kemunculan Kerutan di Wajah?

Sebelum menerapkan cara-cara menghilangkan kerutan di wajah yang telah dipaparkan sebelumnya, ada baiknya untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan yang meliputi:

  • Rutin menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar ultraviolet yang mampu menyebabkan penuaan dini dan keriput di kulit. Setidaknya, gunakan tabir surya yang memiliki SPF 15 atau lebih tinggi tiap hari. Hal ini berguna untuk memperlambat terjadinya penuaan pada kulit, mengurangi bintik-bintik hitam, dan tentu saja kerutan.
  • Pastikan kamu sudah mencukupi asupan cairan tiap hari sebagaimana kulit yang terhidrasi dengan baik mampu memperlambat kemunculan kerutan di dahi. Minumlah setidaknya delapan gelas air tiap hari. Minumlah lebih banyak lagi jika kamu sedang berolahraga atau ketika kamu lebih banyak berada di luar ruangan.
  • Hentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan buruk ini menjadi faktor utama terjadinya penuaan dini dan munculnya kerutan di wajah.
  • Upayakan juga untuk mengontrol stres dengan cara yoga atau meditasi. Stres juga bisa memicu terjadinya penuaan dini pada kulit.
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap, khususnya pada saat-saat cuaca sedang sangat panas atau terik.

Sebelum menerapkan cara menghilangkan kerutan di wajah, pastikan kamu telah berkonsultasi kepada dokter kulit. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penjelasan mengenai teknik-teknik perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: