Mau Tahu Cara Aman Mengusir Kerutan di Bawah Mata?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kerutan di bawah mata bukanlah masalah kesehatan serius yang perlu dikhawatirkan, namun bentuk gangguan kulit ini tentunya dapat merusak penampilan, bukan? 

Kulit yang menua dapat digambarkan dengan adanya perubahan penampilan dan karakteristik pada kulit. Biasanya, tanda penuaan sangat terasa pada bagian wajah dan tangan.

Apa yang Menjadi Penyebab Timbulnya Penuaan Kulit?

Penuaan secara alami menjadikan kulit kehilangan penyokong tekstur sehingga mengakibatkannya mengendur, timbul kerutan pada wajah, serta muncul garis-garis halus. Kerutan bisa terjadi di bagian bawah mata, mulut, dan lehermu.

Pada umumnya, tingkat keparahan perubahan ini tergantung kepada faktor genetik, faktor lingkungan, serta jenis kulit seseorang. Beberapa penyebabnya lainnya meliputi:

  • Proses penuaan secara alami seiring bertambahnya usia.
  • Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan.
  • Tekanan gaya gravitasi.
  • Dampak jerawat.
  • Pernah mengalami cedera atau luka.
  • Pernah mengalami penyakit kulit yang menimbulkan bekas luka.
  • Dampak kebiasaan buruk merokok dalam jangka panjang.
  • Ekspresi wajah berulang, seperti menyipitkan mata atau tersenyum.

Cara Mengatasi Kerutan di Bawah Mata dengan Prosedur Medis

Kerutan di bawah mata tidak hanya mengganggu penampilan, namun juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerutan di bawah mata dan bagian lainnya di sekitar wajah, yaitu:

Menggunakan krim retinoid

Untuk mengurangi kerutan di bawah mata dan daerah lainnya, kamu bisa menggunakan retinoid topikal (oles). Retinoid ini berasal dari vitamin A yang memiliki kegunaan lain, yaitu meningkatkan elastisitas kulit, membantu menjaga kulit tetap kencang, meminimalkan bintik-bintik berwarna cokelat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Terapi sinar laser

Jika kamu ingin menghilangkan kerutan di bawah mata, kamu juga bisa memilih terapi sinar laser. Proses ini ternyata dapat mengatasi keriput dan tentunya kerutan. Cara kerjanya, sinar yang dipancarkan berfungsi memanaskan lapisan dermis dan merangsang pertumbuhan kolagen.

Suntik filler

Suntik filler adalah metode penyuntikan yang mengandung bahan kimia khusus ke bagian lipatan kulit, terutama pada area mulut. Fungsinya untuk memperbaiki penampilan yang disebabkan oleh kerutan dan keriput.

Filler juga bisa digunakan untuk mengurangi kerutan di bawah mata. Cairan atau materi pada suntik filler mampu merangsang pembentukan kolagen, serta meningkatkan warna dan tekstur kulit. Salah satu materi yang digunakan adalah asam hialuronat.

Suntik botox (neuromodulator)

Suntik botox (neuromodulator) mampu mengurangi kemampuan gerakan otot yang bisa memudahkan munculnya garis kerutan di bawah mata, dahi, serta mulut. Suntikan ini juga bisa mengurangi kerutan pada area tersebut.

Dermabrasi dan mikrodermabrasi

Menggunakan sikat khusus yang berpermukaan kasar, metode ini bertujuan menghilangkan permukaan kulit terluar yang kasar atau menghitam sehingga memunculkan lapisan baru yang lebih halus dan terlihat lebih segar.

Prosedur dermabrasi dan mikrodermabrasi memiliki metode dan tujuan penanganan yang berbeda.

Operasi bedah kecantikan

Kerutan di bawah mata juga bisa diatasi dengan bedah kecantikan. Prosedur ini melibatkan reposisi jaringan wajah dan mengubah struktur jaringan yang kendur.

Menggunakan kosmetik

Kerutan di bawah mata bisa diatasi dengan menggunakan make up. Sering kali kombinasi prosedur kosmetik dapat menutupi kerutan di bawah matamu.

Lakukan Beberapa Hal Ini untuk Melestarikan Kesehatan Kulitmu

Kerutan di bawah mata atau di area wajah, bisa diatasi dengan beberapa cara yang telah dipaparkan di atas. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengetahui bagaimana cara memaksimalkan penampilan kulit, seperti:

  • Lindungi kulitmu dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30, pakaian pelindung, topi bertepi lebar, kacamata hitam, hingga kemeja lengan panjang. Hal ini bisa mengatasi kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.
  • Selalu gunakan pelembap di mana pun kamu berada. Kulit kering dapat menyebabkan timbulnya kerutan dan keriput. Kendati pelembap tidak bisa menghilangkan penuaan kulit, namun setidaknya pelembap mampu menutupi garis dan lipatan kecil di wajah untuk sementara waktu.
  • Untuk mendapatkan kulit yang sehat, jauhi kebiasaan buruk seperti merokok karena dapat mengganggu tekstur kulit sehingga menimbulkan kerutan.
  • Kamu juga disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Ada beberapa bukti bahwa vitamin dalam makanan dapat membantu melindungi kulitmu. Mulai mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin sebaiknya segera dimulai karena manfaatnya baik untuk kesehatan kulitmu. Utamakan buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan, seperti tomat.
  • Cukupi kebutuhan cairanmu. Untuk mendapatkan kulit yang sehat nan menawan, kamu tidak boleh malas mencukupi kebutuhan cairan. Kenapa harus mencukupi kebutuhan cairan? Karena tiap sel, jaringan, dan organ di tubuhmu sangat membutuhkan cairan untuk bekerja dengan baik. Cairan mampu membawa limbah keluar melalui proses buang air kecil, menjaga suhu tubuh normal, sebagai pelumas dan bantalan sendi, serta melindungi jaringan sensitif. Setidaknya, minumlah air sebanyak 3 liter untuk pria dan 2 liter untuk wanita.
  • Melakukan pijatan pada wajah juga bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi kerutan di bawah mata dan sekitarnya. Hal ini berguna merangsang sirkulasi peredaran darah dan mengurangi keriput. Ada baiknya kamu melakukan pijatan pada wajah agar dapat meminimalkan masalah kerutan yang dialami.

Kerutan di bawah mata memang tidak berbahaya, namun tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa hal di atas untuk menghambat kemunculan kerutan di wajah.

Lebih baik lagi, konsultasikan kepada dokter kulit tentang bagaimana cara yang cocok menghilangkan kerutan di bawah mata dan bagian wajah lainnya sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: