Penuaan Dini pada Kulit Tangan Tidak Perlu Dicemaskan Lagi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penuaan dini pada kulit tangan tidak perlu dipusingkan lagi karena kamu akan segera mengetahui cara mengatasinya dengan mudah.

Kondisi yang biasanya menimpa bagian punggung tangan ini dikarenakan lebih tipisnya area tersebut dibandingkan kulit pada wajah. Kekurangan lapisan lemak pada bagian ini juga menjadikan kolagen lebih cepat meluruh. 

Kondisi ini juga cenderung membuat tangan terlihat lebih kurus dan kurang menarik dengan ditandai tendon dan pembuluh darah menjadi lebih tampak serta tangan terlihat keriput.

Kenapa Penuaan Dini pada Kulit Tangan Perlu Ditangani?

Punggung tangan adalah bagian tubuh yang paling terlihat, selain kulit wajah dan leher. Jika tidak menangani kondisi kulit tangan yang mengalami keriput, maka akan menjadikannya makin tampak.

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Penuaan Dini pada Kulit Tangan

Penuaan dini pada kulit tangan terjadi akibat hilangnya volume dan kehalusan kulit. Kondisi ini pada dasarnya tidak dapat terhindarkan sebagaimana merupakan bagian dari proses alami akibat penuaan. Selain tampilannya yang membuatmu tampak lebih tua, kulit tangan yang tidak dirawat ternyata juga berisiko menimbulkan gangguan-gangguan lain seperti berikut.

Bintik hitam

Seiring pertambahan usia, kulit menjadi lebih sensitif terhadap efek-efek negatif sinar matahari. Perubahan tekstur permukaan kulit dapat menyebabkan munculnya bintik hitam. Bintik hitam pada punggung tangan adalah salah satu bentuk kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari selama bertahun-tahun.

Kulit menipis

Lama-kelamaan, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang menjadikan kulit menipis.

Pembuluh vena menonjol

Pembuluh vena yang menonjol pada punggung tangan adalah konsekuensi dari hilangnya lemak pada punggung tangan.

Kulit kering

Seiring pertambahan usia, pelindung kulit melemah sehingga kulit menjadi lebih rentan terhadap iritasi dari bahan yang tadinya tidak berisiko, seperti air dan sabun. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, terjadi peradangan, dan bahkan muncul retakan pada lapisan kulit terluar.

Kuku yang tidak terawat

Kutikula yang tidak terawat dapat menyebabkan kerusakan kuku serta infeksi. Selain itu, kuku dapat ternoda akibat tergores atau efek penggunaan cat kuku. Tetapi di sisi lain, kuku bernoda dapat menjadi gejala adanya infeksi jamur serius.

Ini Dia, Solusi Penuaan Dini pada Kulit Tangan!

Kamu sendiri ataupun dibantu dokter kulit dapat membantu memperbaiki penampilan akibat penuaan dini pada kulit tangan, seperti:

  • Kenakan tabir surya, terutama saat berada di luar ruangan. Pilih yang minimal mengandung SPF 30 dan mampu melindungi kulit dari radiasi sinar merah, radiasi UVA, dan radiasi UVB.
  • Ulangi olesan tiap beberapa waktu sekali, terutama setelah terkena air.
  • Oleskan krim pelembap pada tangan secara teratur.
  • Gunakan produk yang mengandung vitamin C.
  • Bintik hitam pada punggung tangan dapat memudar dengan menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan penghambat melanin, seperti niacinamide, asam kojic, dan akar licorice. Juga dapat ditangani dengan krim yang mengandung hidrokinon 2 persen ataupun produk kecantikan melalui resep dokter.
  • Retinol yang dijual bebas dan biasa digunakan untuk menangani kerutan pada wajah dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Produk ini dapat digunakan sebelum tidur untuk merangsang produksi kolagen yang menebalkan kulit.
  • Krim dengan asam hialuronat dapat membuat kulit punggung tangan mengembang sehingga bisa menyamarkan tampilan pembuluh vena. Perawatan kesehatan kulit dengan suntik asam hialuronat bisa menjadi solusi yang direkomendasikan.
  • Filler juga dapat digunakan untuk mengisi jaringan di sekitar pembuluh vena pada punggung tangan. Filler yang digunakan sama dengan suntik filler yang biasa digunakan pada wajah, tetapi lebih padat. Hasil suntikan ini dapat bertahan 1-2 tahun sehingga lebih lama dari wajah.
  • Pilih pelembap yang kaya emolien yang mengandung garam aluminium. Bahan ini menjaga kulit tetap lembap dan mencegah iritasi. Pelembap dengan kandungan minyak zaitun, vitamin E, shea butter, minyak kacang makadamia, dan gliserin dapat menjadi pilihan. Oleskan setelah mandi untuk mendapat manfaat maksimal.
  • Oleskan losion tiap kali selesai mencuci tangan untuk menjaga kulit tetap lembap.
  • Krim yang mengandung faktor pertumbuhan (growth factors) dari tanaman dapat membentuk kolagen baru. Sebuah jurnal penelitian tentang kecantikan mengungkapkan bahwa 83 persen wanita yang berusia 35-65 tahun yang menggunakan krim ini menunjukkan peningkatan penampilan kulit setelah 60 hari pemakaian.
  • Mengenakan sarung tangan dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari pada tangan.
  • Penuaan pada kulit tangan dapat ditangani dengan krim retinoid yang berguna mempertebal kolagen dan memperbaiki struktur kulit. Patuhi petunjuk penggunaan agar retinoid tidak justru mendatangkan iritasi.
  • Produk rias seperti concealer juga dapat digunakan untuk menyamarkan pembuluh darah pada punggung tangan.
  • Scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada punggung tangan.
  • Rendam kuku dalam pembersih gigi palsu selama 15-20 menit untuk membantu membersihkan noda pada kuku.
  • Konsumsi 2,5 mg biotin vitamin B tiap hari untuk memperkuat kuku tangan.
  • Teknologi laser terbaru dapat menciptakan lubang jarum pada kulit yang membantu tubuh memproduksi kolagen tanpa bekas luka atau menimbulkan efek kemerahan.

Hal yang perlu diingat, hindari penggunaan produk bebas yang belum mendapatkan izin BPOM. Jika pun sudah, jangan lupa untuk membaca keterangan kandungan produk pada kemasan.

Penuaan Dini pada Kulit Tangan Bisa Menjadi Makin Parah Karena Ini

Penuaan pada kulit tangan memang bersifat alami dan tidak bisa dicegah. Meski begitu, kondisi ini masih bisa dihambat. Hal-hal di bawah ini justru dapat mempercepat proses penuaan, maka dari itu jangan lakukan hal-hal ini.

  • Merokok
  • Beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan tabir surya.
  • Penurunan berat badan secara drastis dapat memperburuk penampilan kulit.
  • Terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit makin kering dan meningkatkan risiko iritasi.
  • Perawatan ekstrem untuk menangani pembuluh darah yang tampak pada punggung tangan.

Sebagian orang mungkin merasa bahwa penuaan dini pada kulit tangan adalah sesuatu yang bersifat alamiah. Meski demikian, kamu bisa tangani jika menginginkannya. Lagipula, siapa yang tidak ingin tampil awet muda, bukan?

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: