Radiasi Sinar Matahari: Kawan atau Lawan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Radiasi sinar matahari dapat memberikan kehangatan dan juga mampu merangsang sirkulasi darah. Akan tetapi, paparan yang berlebihan juga perlu diwaspadai karena dapat berdampak buruk bagi kulitmu.

Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat memicu kanker kulit. Selain itu, dapat memicu terjadinya keriput dan bintik-bintik sebagai tanda penuaan dini. Meski begitu, sinar matahari tetap dibutuhkan sebagai sumber vitamin D terbaik untuk membantu tubuh menyerap kalsium demi memiliki tulang yang kuat dan sehat.

Sisi Kebaikan dari Radiasi Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki beragam manfaat untuk kesehatanmu, di antaranya:

Sinar matahari memicu pelepasan hormon serotonin

Hormon ini erat kaitannya dengan kondisi mood serta membantu seseorang untuk fokus dan tenang. Kekurangan sinar matahari bisa saja menjadikan kadar serotonin berkurang sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko gangguan depresi yang dipicu oleh perubahan musim (seasonal affective disorder).

Sinar UVB mendukung kulit memproduksi vitamin D

Vitamin D yang dihasilkan secara alami dari paparan sinar matahari berperan besar terhadap kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D berisiko menyebabkan penyakit osteoporosis dan rakitis.

Bermanfaat melawan stres

Berolahraga ringan di pagi hari sambil diterangi sinar matahari dinilai dapat menyegarkan pikiran sekaligus meningkatkan mood untuk sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Kesehatan Dunia WHO, paparan sinar matahari dapat mengobati beberapa kondisi kulit bagi seseorang yang mengalami beberapa kondisi medis, seperti psoriasis, eksim, dan jerawat.

Radiasi Sinar Matahari Perlu Diwaspadai Juga

Kendati radiasi sinar matahari banyak bermanfaat bagi kesehatan, namun rupanya sinar matahari juga bisa berdampak buruk bagi kulitmu. Kondisi ini bisa terjadi akibat paparan sinar matahari secara berlebihan. Apa saja dampak buruknya?

Sinar matahari dapat menembus kulit dan merusak DNA 

Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kanker kulit. Kanker dimulai saat sel-sel di tubuh mulai tumbuh secara tidak terkendali. Hampir semua bagian sel bisa mengalami kanker, seperti kanker kulit.

Kanker kulit terbagi menjadi tiga jenis, dua di antaranya paling umum terjadi, yaitu karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Sedangkan kanker kulit melanoma sebagai jenis ketiga dinilai lebih jarang terjadi, tapi sangat berbahaya. Kanker ini kerap terjadi di bagian kepala, wajah, leher, tangan, atau lengan.

Menimbulkan kerusakan kulit

Terpapar sinar matahari dalam jangka panjang tanpa perlindungan akan memicu terjadinya ruam kemerahan akibat sengatan matahari. Kulit yang tersengat akan mengalami kekeringan dan perih.

Mengandung tiga sinar ultraviolet (UV), yaitu UVA, UVB, dan UVC

Secara alami, UVC akan tersaring oleh atmosfer bumi. Sedangkan, UVA dan UVB tidak tersaring dan dapat menyerang kulit dari waktu ke waktu sehingga menjadikanmu lebih mungkin terserang kanker kulit. Sinar UVA juga dapat menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan kulit dan kerutan. Sinar UVB dianggap sebagai penyebab utama kanker kulit non-melanoma, katarak, dan berdampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh.

Berisiko memicu kemunculan bercak-bercak hitam pada kulit

Jika berlangsung dalam jangka panjang, kondisi ini dapat membuat permukaan kulit menjadi kasar dan kering.

Paparan sinar UV berlebihan memicu pertumbuhan tahi lalat lebih banyak

Pada kasus gangguan kesehatan kulit yang lebih parah, tahi lalat berisiko berubah menjadi tumor yang berbahaya.

Menyebabkan kerusakan pada jaringan fibrosa

Kerusakan jaringan fibrosa dapat meningkatkan risiko mengalami penuaan dini dan kehilangan kekenyalan kulit.

Dapat memicu penyakit katarak dan kerusakan retina

Sorotan sinar matahari terhadap mata, baik secara langsung maupun tidak langsung, lambat laun dikhawatirkan dapat berdampak buruk kepada retina. Radiasi sinar matahari juga dinilai menjadi salah satu faktor risiko penyakit katarak.

Terapkan Cara Ini untuk Menghalau Bahaya Radiasi Sinar Matahari

Penting untuk menggunakan tabir surya dengan kadar SPF di atas 30 untuk melindungi kulitmu secara rutin. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tabir suryamu mengandung zinc oksida yang baik untuk menghalangi sinar UVA dan UVB sebagai pemicu kanker kulit.

Gunakan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan oleskan kembali setidaknya tiap dua jam setelahnya.

Selain menggunakan tabir surya untuk menghalau bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi sinar matahari, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Sebaiknya hindari terpapar sinar matahari pada pukul 09.00-15.00.
  • Disarankan untuk mengenakan kaca mata hitam, payung, atau topi untuk menghalau sinar matahari jika kamu diharuskan berada di luar ruangan lebih lama.
  • Pilih produk kosmetik dan lensa kontak yang menawarkan perlindungan sinar UV.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kulit secara teratur, setidaknya satu bulan sekali.
  • Saat kamu berada di bawah sinar matahari, kenakan pakaian untuk menutupi kulitmu. Tiap jenis pakaian mampu memberikan tingkat perlindungan yang berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan kemeja lengan panjang, celana panjang, atau rok panjang untuk menutupi sebagian besar bagian kulit.
  • Usahakan untuk menjauhi area dekat pasir, air, salju, es dan jalan beraspal. Hal ini karena cahaya sinar matahari dapat terpantul oleh media semacam itu.

Jagalah selalu kesehatanmu dengan tidak merokok, menjauhkan diri dari paparan sinar matahari berlebihan, menggunakan pelembap untuk kulit, dan senantiasa mengontrol stres. Sebagai pendukung tambahan, konsumsilah makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan untuk menyehatkan tulang.

Dengan mengetahui manfaat dan bahaya radiasi sinar matahari, kini kamu bisa lebih maksimal dalam menjaga kesehatan kulit dan tentunya mencegah terjadinya kanker kulit. Jika kamu mengalami beberapa tanda kerusakan kulit, seperti kemunculan tanda-tanda penuaan dini, segera konsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: