Rahasia Kulit Sehat berkat Yoga di Rumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kamu ingin memiliki kulit yang cantik, kenyal, dan bercahaya tiap hari? Yuk, coba lakukan yoga di rumah. Selain berfungsi membakar kalori dan membentuk otot, yoga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulitmu juga, lho.

Kulit adalah organ terbesar di tubuh yang berperan melindungimu dari berbagai serangan organisme dan radiasi berbahaya. Waspadai terjadinya penyumbatan dan iritasi di kulit karena ternyata dampaknya dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat, gatal-gatal, kerutan, psoriasis, melanoma, serta eksim.

Jadikan Yoga sebagai Pilihan Utama Mengatasi Gangguan Kulit

Umumnya, beragam masalah kulit dapat disebabkan oleh keracunan, ketidakseimbangan hormon, radikal bebas, dan paparan radiasi sinar matahari. Untuk mengantisipasi gangguan kulit, maka sirkulasi darahmu harus lancar dan baik.

Nah, jika kamu memiliki permasalahan pada kulit dan ingin segera mengatasinya, maka kamu mungkin bisa memulainya dengan mencoba yoga. Melalui yoga, kamu diharapkan mampu menyatukan pikiran dan tubuh.

Pada dasarnya, olahraga ini menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan berbagai macam pose atau gaya yang dirancang untuk tujuan relaksasi dan mengurangi stres.

Ketika kamu melakukan yoga, sirkulasi darah di tubuh akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan kandungan oksigen di dalam darah dan mengurangi radikal bebas. Salah satu kebaikan yang kamu dapatkan dari hal ini adalah aliran darah segar yang lebih lancar pada area pipimu sehingga menjadikannya merona dan membuatmu makin cantik.

Kebaikan lainnya dari yoga adalah menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan kekebalan tubuhmu. Ketiga hal ini dapat membuat tubuhmu tidak mudah sakit.

Ternyata Melakukan Yoga di Rumah Tidaklah Sulit

Memang, yoga biasanya dilakukan di luar rumah yang dipandu dengan instruktur. Menjadikannya satu cara yang menyehatkan dan efektif untuk mendapatkan lebih banyak teman. Namun jika kamu tidak punya waktu banyak untuk melakukan olahraga ini, kamu tetap bisa melakukannya di rumah.

Manfaatnya pun bisa sama baiknya dengan yoga konvensional di gym bersama instruktur, terutama dalam menjaga kesehatan mental dan fisikmu. Berikut tips melakukan yoga di rumah yang kamu dapat terapkan.

  • Melakukan persiapan dengan baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah banyak membaca dan mencari informasi terkait olahraga yang satu ini. Jangan lupa untuk memperhatikan dengan saksama mengenai panduannya dan segala gaya/posenya.

Kamu bisa mencari tahu berbagai informasi yoga dengan membaca buku dan juga melihat tutorial yoga di rumah. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menyiapkan matras yang tidak licin dan nyaman untuk kulitmu.

  • Lakukan di tempat yang menurutmu paling nyaman

Penting untuk memilih tempat yang nyaman dan tidak mengganggu. Carilah ruangan terbuka atau yang area dengan pencahayaan yang terang serta ventilasi yang baik.

Utamakan juga tempat yang tenang dan tidak bising sebagaimana tujuan dari olahraga ini adalah pencarian ketenangan jiwa dan pikiran. Pastikan bahwa tidak ada benda tajam atau peralatan yang berbahaya di sekitarmu.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Sangat penting untuk memakai pakaian yang nyaman ketika melakukan olahraga yoga di rumah. Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat karena akan menyulitkanmu untuk bernapas. Kenakanlah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat.

  • Buatlah perencanaan dan tujuan

Pada proses perencanaan, hindari sesuatu yang terlalu kompleks. Selalu jadikan kegiatanmu ini tetap sederhana, menyenangkan, dan terutama bisa tercapai.

  • Lakukan secara rutin

Demi tujuanmu tercapai, upayakan untuk konsisten ketika melakukan olahraga ini. Waktu yang disarankan untuk melakukan yoga di rumah adalah di pagi hari sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk melakukan yoga kapan saja kamu sempat. Yang terpenting, lakukan secara rutin tiap hari selama sekitar 20 menit. Cobalah gaya atau pose untuk pemula. Seiring makin mahir, kamu bisa mencoba pose-pose lainnya.

  • Hindarkan diri dari berbagai gangguan

Selama melakukan yoga, hindarkan diri dari beragam gangguan, seperti anak-anak, hewan peliharaan, hingga telepon genggam. Sebelum melakukannya, pastikan tempat yang kamu pilih terhindar dari beragam gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi.

  • Lakukan setelah makan

Sebaiknya yoga di rumah dilakukan beberapa waktu setelah makan. Misalnya, dua jam setelah sarapan/makan siang atau empat jam setelah makan malam. Intinya, lebih baik jangan lakukan yoga sebelum makan.

  • Awali dengan pemanasan

Sama seperti jenis-jenis olahraga lainnya, kamu membutuhkan pemanasan. Tujuannya adalah mempersiapkan tubuh untuk menghindari cedera.

  • Tidak terburu-buru

Yoga bertujuan untuk menyehatkan tubuh dan jiwamu. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan gerakan-gerakannya dengan perlahan-lahan dan tidak usah terburu-buru. Sangat penting untuk bernapas dengan benar juga ketika melakukan pose-posenya.

  • Bersabarlah

Tidak ada olahraga yang berefek instan. Oleh karena itu, kamu harus bersabar jika ingin tujuanmu tercapai dengan baik. Selalu jaga hati dan pikiran tiap kali melakukan olahraga ini.

Melakukan yoga di rumah memang terbilang susah jika tidak didukung oleh komitmen yang baik. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu bisa mengajak teman-temanmu yang gemar melakukan olahraga ini juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: