Sediakan 7 Vitamin Kulit yang Bagus Ini Setiap Saat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Apakah kamu termasuk wanita yang kerap menggonta-ganti beragam produk kecantikan demi menjaga penampilan kulit? Tentu saja biayanya pasti tidak murah, bukan? Tapi jangan cemas karena dengan mengonsumsi vitamin kulit yang bagus, kamu bisa terhindar dari aktivitas yang banyak menghabiskan uangmu ini.

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak menyita perhatian. Tidak heran, jika kamu betah berlama-lama di depan cermin untuk menggunakan semua produk skin care yang kamu miliki.

Sayangnya seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit akan melemah sehingga kulit menjadi kendur karena kehilangan struktur pendukungnya. Proses alamiah ini memang tidak terhindarkan, tapi kamu bisa menghambatnya semaksimal mungkin asalkan senantiasa dirawat dengan baik.

Apa saja vitamin kulit yang bagus untuk mempercantik kulitmu? Mari kita bahas satu-persatu di sini.

Vitamin A

Vitamin A sangat diperlukan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Tanpa vitamin ini, kulit menjadi bersisik dan kering. Vitamin ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Vitamin ini dapat ditemukan diberbagai buah-buahan, seperti mangga, melon, pepaya, aprikot, dan jambu biji. Sayur-sayuran seperti kentang, kale, wortel, dan bayam turut mengandung vitamin A tinggi. Selain itu masih ada telur, margarin, susu, dan ikan.

Vitamin B3

Disebut juga dengan niacin, vitamin ini larut dalam air dan dapat ditemukan diberbagai makanan, seperti daging, ikan tuna, biji-bijian, dan jamur. Keunggulan dari vitamin ini dapat meningkatkan kadar air di kulit sehingga mencegah terjadinya kulit kering.

Vitamin B3 juga dapat mengatasi warna kemerahan pada kulit wajah dan bahkan seluruh tubuh, mencegah timbulnya kanker kulit, mengurangi garis-garis halus keriput di wajah, serta meminimalkan terjadinya pengurangan elastisitas kulit akibat pertambahan usia.

Vitamin B5

Selain vitamin B3, vitamin B5 juga memiliki peranan yang penting untuk kesehatan kulitmu. Vitamin ini disebut juga dengan asam pantotenat yang berperan membentuk sel darah, membantu mengubah makanan menjadi energi, melembapkan kulit, serta mengatasi masalah kulit akibat eksim dan ruam popok.

Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin B5 meliputi gandum utuh, alpukat, daging ayam, jamur, brokoli, kentang, telur, dan berbagai produk olahan susu.

Vitamin C

Vitamin C ditemukan pada lapisan kulit teratas (epidermis) dan lapisan kulit bagian dalam (dermis). Sama seperti vitamin A, vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang efektif melawan kanker, memproduksi kolagen untuk menjaga kulit tetap sehat, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Beberapa manfaat lainnya adalah membantu menyembuhkan kulit yang rusak, mencegah kulit kering, meredakan tampilan bercak-bercak penuaan, mengurangi timbulnya keriput, melindungi dari perubahan warna kulit, mengobati penyakit eksim, dan mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

Vitamin ini bisa kamu temukan di buah jeruk, stroberi, tomat, paprika, brokoli, pepaya, kale, lemon, mangga, dan kiwi.

Vitamin D

Paparan sinar matahari yang terserap kulitmu akan mengubah kolestrol dalam tubuh menjadi vitamin D. Vitamin ini selanjutnya akan diproses di hati dan ginjal, lalu disebarkan ke seluruh tubuh untuk membantu menciptakan sel-sel sehat.

Vitamin D memiliki peranan penting dalam hal pewarnaan kulit dan membantu mengobati penyakit psoriasis. Selain sinar matahari, sumber vitamin D lainnya ada pada susu, jamur, ikan, dan telur. Defisiensi vitamin D membuatmu berisiko mengalami jerawat akibat melemahnya kemampuan tubuh melawan infeksi.

Vitamin E

Vitamin E berperan sebagai zat antioksidan. Fungsi utamanya adalah melindungi diri dari kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin E akan menyerap radiasi sinar ultraviolet di dalam kulit, mencegah timbulnya bintik-bintik hitam di kulit, melembapkan kulit, mengatasi stretch mark, serta mengurangi kerutan di wajah.

Normalnya, tubuh memproduksi vitamin ini melalui sebum, yaitu zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Kamu bisa memperoleh vitamin ini dari beberapa sumber makanan, seperti kacang almond dan hazelnut, alpukat, bayam, dan kale.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk menyembuhkan luka dan memar. Tanpa kecukupan vitamin K, darahmu akan sulit untuk mengental. Defisiensi vitamin ini juga dirasakan oleh sebagian wanita dengan mengalami kulit yang gelap, memiliki lingkaran mata, serta stretch mark.

Sumber-sumber makanan yang mengandung vitamin K bisa kamu dapatkan dari konsumsi kubis, kale, susu, hati, bayam, selada, dan kacang hijau.

Kesehatan kulit akan mencerminkan kesehatanmu secara menyeluruh. Memenuhi asupan makanan yang mengandung berbagai vitamin kulit yang bagus dapat meningkatkan peluangmu untuk terhindar dari permasalahan pada kulit.

Jika kamu mengalami gangguan kulit yang telah berlangsung sejak lama dan tidak kunjung membaik, lebih baik untuk mengonsultasikannya kepada seorang ahli gizi untuk mendapatkan saran asupan nutrisi yang direkomendasikan untukmu atau periksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: