Penyebab Selulit dan Cara Menghilangkannya dengan Aman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penyebab selulit adalah penumpukan lemak di bawah permukaan kulit, biasa muncul di sekitar pinggul, paha, dan bokong. Tiap orang memiliki lapisan lemak di bawah kulit, bahkan orang kurus pun bisa memiliki selulit.

Serat kolagen yang menghubungkan lemak dengan kulit bisa saja merenggang, memecah, atau menarik kencang. Hal ini yang memungkinkan sel-sel lemak menjadi menonjol.

Jadi Ini Penyebab Selulit yang Sebenarnya

Bukan kamu saja yang dipusingkan dengan kemunculan selulit, nyatanya sebagian besar orang memilikinya juga. Hal ini memang menyebalkan sebagaimana selulit tampak seperti kulit berlesung pipit atau bergelombang yang dapat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pemiliknya.

Selulit tampak tidak halus karena mendorong jaringan ikat yang menyebabkan kulit di atasnya menjadi mengerut. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab selulit adalah:

  • Metabolisme yang lambat
  • Menjalani diet yang buruk
  • Kurang beraktivitas fisik
  • Perubahan hormon
  • Dehidrasi
  • Ketebalan dan warna kulit
  • Berkelamin wanita
  • Wanita hamil

Hal ini dikarenakan kaum wanita memiliki lebih banyak lemak di sekitar pinggul dan paha dibandingkan kaum pria. Dan jaringan ikat pada wanita kurang mendukung sehingga menyebabkan timbulnya selulit.

Seiring bertambahnya usia, makin sedikit hormon estrogen yang dihasilkan tubuh. Padahal hormon ini akan membantu pembuluh vena mengalirkan darah dengan lancar. Defisiensi hormon estrogen akhirnya dapat berdampak kepada:

  • Sirkulasi peredaran darah yang buruk.
  • Penurunan produksi kolagen baru.
  • Terjadinya pemecahan jaringan ikat yang lebih tua.
  • Menimbulkan selulit.

Sebenarnya, kebanyakan kaum wanita menghasilkan selulit setelah masa pubertas. Tidak hanya itu, selulit juga lebih sering terjadi seiring pertambahan usia, yaitu saat kulit kian kehilangan elastisitasnya. Dengan kata lain, penuaan adalah penyebab selulit yang lain. 

Pertambahan berat badan menjadikan selulit lebih terlihat dengan jelas, meski sebagian orang yang bertubuh lebih kurus juga terlihat memilikinya. Faktor genetik dianggap memainkan peran terbesar apakah kamu bisa mengalami selulit atau tidak.

Jangan Cemas, Ada Beberapa Cara Menghilangkan Selulit

Kamu mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa selulit bukanlah suatu kondisi yang berbahaya bagi kesehatan. Namun tentu saja, kamu lebih tertarik untuk menghilangkannya dari tubuh, bukan?

Pada dasarnya, pengobatan selulit dilakukan karena seseorang merasa terganggu dengan efek yang ditimbulkannya. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit.

  • Cryolipolysis

Cryolipolysis adalah prosedur noninvasif yang bertujuan menghilangkan lemak perut dan lemak di sepanjang bagian tubuh dengan cara membekukan lipid di sel lemak. Begitu lemak tersebut hilang dan mati, tubuhmu secara alami akan menghilangkan/mengeluarkannya dari tubuh. Diperlukan tiga kali perawatan untuk melarutkan setidaknya 2,5 cm lemak dan 3-4 bulan untuk melihat hasilnya.

  • Teknik pijat

Sebagian alat atau mesin dapat memijat di bagian yang terkena selulit. Alat atau mesin tersebut menggunakan silinder rolling untuk mengumpulkan area kulit dan memijatnya dengan bilik. Salah satu contoh perawatan pijat adalah endermologie, yaitu metode yang dikembangkan di Prancis dan telah digunakan untuk pengobatan selulit sejak pertengahan 1990-an.

Teknik ini menggunakan perangkat bertenaga listrik yang menyemprot, menarik, dan meremas area selulit. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 30-45 menit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, setidaknya diperlukan 10-12 kali perawatan.

Memberi pijatan pada area yang terkena selulit dipercaya akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi penumpukan cairan, hasilnya pinggul dan bokong akan tampak lebih mulus.

  • Perawatan dengan sinar laser

Perawatan laser yang disebut juga dengan sistem radiofrekuensi, menjanjikan bisa menghilangkan selulit. Perawatannya biasanya memadukan pijat, sedot lemak, dan/atau terapi sinar laser.

Cara ini dapat mencairkan lemak, memotong jaringan ikat untuk melonggarkan kerutan, meningkatkan pertumbuhan kolagen, mengencangkan kulit, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi retensi cairan pada area terkait.

Pada proses itu, dokter akan menyuntikkan larutan yang membuat area selulit menjadi mati rasa, lalu dokter akan menempelkan laser di bawah kulitmu. Sinar laser akan memancarkan hawa panas pada tiga arah.

  • Penurunan berat badan

Kelebihan berat badan rupanya dapat membuat selulit lebih terlihat. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka cara ini dapat dilakukan. Penurunan berat badan melalui makanan sehat dan olahraga secara teratur, dipercaya dapat memperbaiki penampilan kulit akibat selulit.

Kendati mengurangi berat badan berlebihan dan aktif berolahraga tidak akan membuat selulit hilang sepenuhnya, namun secara tidak langsung dapat menjadikan penampilanmu lebih baik.

  • Menggunakan produk topikal

Berbagai krim di pasaran mengklaim dapat mengurangi selulit. Beberapa produk tersebut memiliki ramuan untuk pemecahan lemak, seperti kafein, aminofilin, dan teofilin. Produk lainnya juga kerap mengandung vitamin, mineral, dan ekstrak herba.

Umumnya, sebagian produk ini hanya menawarkan sedikit manfaat. Namun, manfaatnya akan bertambah jika dikombinasikan dengan beberapa perawatan lainnya.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa krim retinol dapat membantu selulit, namun hasilnya tidak terlalu baik. Menggunakan krim retinol 0,3 persen yang digunakan dua kali sehari rupanya dapat menebalkan kulitmu dan mengurangi kulit jeruk akibat selulit, hal ini baru akan memberikan hasil setelah dilakukan secara rutin saksama dalam enam bulan.

Untuk menghindari selulit, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, meliputi:

  • Mengonsumsi makanan sehat yang diperkaya buah-buahan dan sayur-sayuran yang tinggi serat.
  • Tetap terhidrasi dengan meminum banyak cairan.
  • Berolahraga secara teratur agar otot tetap kencang dan tulang kuat.
  • Mempertahankan berat badan ideal dan tidak merokok.

Untuk mendapatkan informasi cara menghilangkan selulit lebih lengkap, kamu disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter kulit. Dokter kulit bisa memberikan informasi dan saran penanganan yang tepat sesuai kondisi kulit.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: