Tips Memilih Sunblock yang Bagus

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Ingin pergi ke pantai atau berada di bawah sinar matahari cukup lama? Jangan lupa gunakan sunblock, ya! Meski bermanfaat untuk kulitmu, terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan munculnya kerutan, bintik-bintik, serta kanker kulit. Tentunya, hal ini tidak baik bagi kesehatan kulitmu.

Kenapa harus menggunakan sunblock? Memilih sunblock yang bagus memungkinkanmu mendapatkan perlindungan kulit dari radiasi sinar matahari yang berbahaya. Sunblock mengandung bahan organik dan nonorganik yang bertujuan mencegah sinar UV menembus lapisan kulit.

Mungkin kamu mengira sunblock dan sunscreen (tabir surya) adalah sama. Padahal, fungsi keduanya berbeda, lho. Fungsi utama sunblock untuk menghalangi sinar UVB yang efeknya dapat membakar kulitmu. Sunblock akan melindungi lapisan kulit terluar dan memantulkan semua sinar yang berbahaya. Sedangkan tabir surya hanya melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA sebagai penyebab penuaan dini pada kulit.

Selain itu, sunblock cenderung memiliki tekstur lebih kental dan pekat dibandingkan tabir surya sehingga tidak disarankan untuk mengolesnya berulang kali. Berbeda dengan penggunaan tabir surya yang justru disarankan dioleskan tiap 2-3 jam sekali saat aktif beraktivitas di luar ruangan.

Periksa Hal-hal Berikut Ini Sebelum Memilih Sunblock

Banyak sekali produk-produk sunblock yang dijual di pasaran, yang mana tentunya membuatmu bingung, bukan? Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sunblock yang bagus.

  • Periksa kadar SPF-nya

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Angka SPF di dalam produk sunblock ini merupakan penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Misalnya, kulitmu bisa saja terbakar jika kamu berada di bawah sinar matahari selama 20 menit tanpa perlindungan apa pun.

Jika kamu menggunakan sunblock SPF 30, maka krim ini dapat melindungimu dari kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari selama 600 menit (20 menit x SPF 30). Makin tinggi angka SPF pada sunblock, makin baik pula perlindungannya.

  • Perhatikan kandungannya

Saat memilih produk perlindungan kulit, kamu harus mencermati kandungannya. Hindari kandungan paraben yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan melanoma; kandungan oxybenzone yang bisa menimbulkan rasa gatal di kulit; dan kandungan retinyl palmitate yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit jika terpapar sinar matahari.

Pilihlah sunblock yang mengandung bahan-bahan berbasis mineral, seperti zinc oxide atau titanium dioxide karena kedua bahan ini sudah terbukti aman dan dapat memantulkan sinar UV.

  • Cek spektrumnya

Carilah sunblock yang memiliki spektrum luas. Spektrum luas memiliki arti bahwa produk yang kamu akan gunakan dapat melindungimu dari dua sinar berbahaya, yakni UVA dan UVB.

  • Jenis kulit

Tidak semua produk sunblock cocok untuk kulitmu. Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu. Jika kulitmu sensitif dan rentan alergi, maka pilih sunblock yang didesain khusus untuk kulit sensitif.

Untuk jenis kulit kering, pilih sunblock yang mengandung pelembap. Jika kulitmu berminyak, maka pilih sunblock yang mengandung formulasi lebih ringan, agar tidak memicu jerawat.

  • Tanggal kedaluwarsa

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal pembuatan dan kedaluwarsa produk sunblock. Makin baru tanggal produksi sunblock, maka makin baik pula khasiat yang dapat diberikan. Jangan menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa karena bisa membahayan kesehatan kulitmu.

  • Bandingkan beberapa produk

Semua iklan produk sunblock menawarkan segala kebaikan untuk kulitmu. Namun, ada baiknya untuk membandingkan beberapa produk sebelum menjatuhkan pilihan. Baca label dan kandungannya dengan saksama. Selain itu, kamu bisa mencari tahu beberapa review dari produk sunblock yang mungkin kamu akan beli. Carilah informasi sebanyak-banyaknya.

  • Tahan air

Jika kamu ingin berolahraga, berenang, atau berniat ke pantai, sunblock yang bagus adalah yang tahan air.

  • Sunblock krim

Pilihlah sunblock yang berbentuk krim daripada yang berbentuk cair atau semprot. Sunblock berbentuk semprot umumnya tidak dapat melindungi seluruh bagian kulitmu. Sedangkan sunblock yang berbentuk krim dapat menutupi semua bagian kulit sehingga perlindungannya pun lebih maksimal.

Perhatikan Langkah-langkah Ini Juga untuk Menghindari Radiasi Sinar Matahari

Selain memilih sunblock yang bagus, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk melindungi kulit, seperti:

  • Menggunakan pakaian yang panjang untuk menutupi permukaan kulit.
  • Menggunakan kacamata hitam atau topi saat berada di luar ruangan.
  • Menghindari paparan sinar matahari pada kisaran pukul 10.00-14.00.

Sinar matahari memang memiliki beragam manfaat untukmu, seperti sumber vitamin D yang dapat menguatkan tulang, meningkatkan kadar hormon serotonin, menurunkan kadar hormon kortisol, membantu mengurangi depresi, serta membantu mengatasi penyakit kulit psoriasis.

Akan tetapi, ada baiknya juga untuk melindungi kesehatan kulitmu dengan menggunakan produk sunblock yang bagus. Jangan lupa, mencegah lebih baik daripada mengobati. Belilah produk perlindungan kulit yang bagus untuk membuat kulitmu tetap sehat, muda, cantik, dan terawat.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: