Tips Menghilangkan Tanda Lahir yang Mengganggumu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tanda lahir seakan-akan sudah menjadi cap wajib pada tubuh seseorang. Entah pada bagian tangan, kaki, punggung, atau area tubuh yang lain. Tanda lahir adalah bercak berwarna gelap pada permukaan kulit yang muncul saat lahir atau berkembang setelah kelahiran.

Tiap tanda, titik, atau benjolan yang ada selama kelahiran pada kulit bayi adalah tanda lahir. Sebagian tanda lahir ini tidak terlalu diinginkan secara estetika. Lebih dari 80 persen bayi memiliki semacam tanda lahir ini.

Sebagian tanda lahir tetap ada saat bayi telah dewasa, dan sebagian lainnya pun memudar. Tanda lahir dinilai sebagai kelainan tidak berbahaya pada kulit yang hadir saat bayi lahir.

Jenis-Jenis Tanda Lahir dan Penyebabnya

Beberapa tanda lahir berasal dari warna pigmen di kulit yang berlebihan, tanda lahir lainnya disebabkan oleh pembuluh darah yang berkumpul bersama atau tidak tumbuh secara normal.

Ada beberapa jenis tanda lahir yang berbeda dan sebagian di antaranya sangat umum terjadi. Dua jenis tanda lahir yang paling umum adalah tanda lahir vaskular dan berpigmen.

Tanda lahir vaskular

Tanda lahir ini disebabkan oleh pembuluh darah abnormal di dalam atau di bawah kulit. Biasanya berwarna merah, ungu, atau merah muda. Tanda lahir vaskular sering terjadi di daerah kepala dan leher, terutama di bagian wajah.

Jika pembuluh darah permukaan kulit yang terkena, maka tanda lahir jenis ini akan tampak berwarna merah, ungu, atau merah muda. Namun jika pembuluh darah yang terkena lebih dalam lagi, maka tanda lahir ini akan tampak berwarna biru.

Terdapat beberapa jenis tanda lahir vaskular, seperti noda makula, hemangioma, dan noda port wine

Tanda Lahir Berpigmen

Berbeda dengan tanda lahir vaskular, tanda lahir berpigmen disebabkan oleh kelompok sel pigmen, biasanya tanda lahir berpigmen ini berwarna cokelat. Ada beberapa jenis tanda lahir berpigmen yang umum terjadi, seperti bintik-bintik café au lait, bintik-bintik Mongolia, dan tahi lalat.

Ukuran tanda lahir ini bisa saja meningkat, berubah warna, menjadi gatal, dan terkadang menimbulkan darah. jika hal ini terjadi, segera konsultasikan kepada dokter.

Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan banyaknya jenis tanda lahir tersebut. Kebanyakan, tanda lahir bukanlah hal yang serius dan sebagian bisa hilang dengan sendirinya, beberapa tetap sama dan tidak berkembang, dan sebagiannya lagi berkembang menjadi buruk seiring bertambahnya usia.

Bagaimana Cara Menghilangkan Tanda Lahir?

Hampir semua tanda lahir tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit. Tanda lahir tidak dapat dicegah dan tidak disebabkan oleh apa pun yang dilakukan atau tidak dilakukan selama kehamilan.

Penyebab timbulnya tanda lahir umumnya tidak diketahui secara pasti. Tanda lahir ini bisa diwariskan secara turun-menurun, tapi bisa juga tidak. Tanda ini tidak berhubungan dengan trauma pada kulit saat melahirkan.

Kebanyakan tanda lahir tidak memerlukan pengobatan dan biasanya memudar atau hilang seiring berjalannya waktu. Namun dalam beberapa kasus, tanda lahir memerlukan perawatan karena tanda lahir tersebut tumbuh dengan cepat, tumbuh di organ dalam, atau menyebabkan masalah medis seperti kemunculan:

  • Masalah penglihatan
  • Gangguan pernapasan
  • Ketidaknyamanan pendengaran.

Namun sebagian orang kerap memerlukan pengobatan untuk menghilangkan tanda lahir karena alasan kosmetik.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan tanda lahir, termasuk untuk menjadikannya memudar atau mengecil. Beberapa cara tersebut meliputi pemberian obat-obatan kortikosteroid atau propranolol, terapi laser, dan operasi.

Pengobatan yang kamu pilih akan bergantung kepada jenis tanda lahir, penyebab, lokasi, dan apakah tanda lahir tersebut menimbulkan gangguan.

Upaya Menghilangkan Tanda Lahir Perlu Dilakukan jika Menimbulkan Gangguan

Beberapa hal yang bisa memicu masalah akibat tanda lahir, yaitu:

  • Noda port wine yang berada di dekat mata dan pipi terkadang dikaitkan dengan masalah penglihatan seperti glaukoma atau sindrom Sturge-Weber.
  • Hemangioma berukuran besar (tergantung berada di mana) dapat mengganggu saat kamu makan, melihat, atau bernapas. Hemangioma terkadang dapat tumbuh secara internal, dan dapat mengancam kesehatan organ tubuh.
  • Tanda lahir yang berada di tulang belakang bagian bawah, dapat meluas di bagian bawah kulit, sehingga memengaruhi saraf dan aliran darah ke sumsum tulang belakang.
  • Tanda lahir berjenis mol yang besar, rupanya memiliki risiko tinggi berubah menjadi kanker.
  • Beberapa tanda lahir yang menonjol dan mengganggu penampilan, juga dapat mengganggu psikis anak dari waktu ke waktu. Hal ini juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Tidak ada cara untuk mencegah timbulnya tanda lahir. Namun seseorang yang lahir dengan tanda lahir tersebut disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi saat berada di luar ruangan untuk mencegah timbulnya komplikasi.

Segera konsultasikan pada dokter jika kamu merasa ukuran tanda lahir terus berkembang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: