Kulit Kendur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kulit kendur adalah gangguan kulit yang diakibatkan oleh kehilangan kolagen dan lemak di balik lapisan kulit sehingga kulit menjadi terlalu elastis, mengendur, serta terlihat menggantung dan menggelambir. Kulit kendur bisa dilihat dengan jelas di beberapa bagian tubuh, seperti di wajah, dagu, tangan, dan leher.

Kondisi ini biasanya muncul sebagai salah satu tanda penuaan alami. Kondisi ini tidak membahayakan, namun sangat mengganggu karena bisa membuat seseorang yang mengalaminya menjadi kehilangan rasa percaya diri.

Apa Penyebab Kulit Kendur?

Banyak yang beranggapan bahwa kulit akan mengendur karena terlalu sering melakukan olahraga lari atau tidur dengan posisi miring. Anggapan tersebut ternyata 100 persen salah sebagaimana olahraga justru akan membantu mengurangi risiko terjadinya kulit kendur.

Hasil penelitian juga membuktikan bahwa posisi tidur seseorang tidak akan menyebabkan kerusakan di permukaan kulit, termasuk menyebabkan kulit menjadi kendur.

Kulit kendur bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penurunan berat badan secara drastis. Ketika berat badan seseorang meningkat, kulit akan merenggang dan melebar menyesuaikan bentuk dan ukuran tubuh.

Kemudian saat tubuhnya mengalami penurunan berat badan, kulit belum tentu bisa menyesuaikan perubahan pada ukuran dan bentuk tubuh. Kondisi inilah yang membuat kulit menjadi kendur.

Faktor usia juga turut memengaruhi kondisi ini. Jika seseorang yang mengalami penurunan berat badan berusia lanjut, kemungkinan kulit tidak akan bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran tubuhnya karena kehilangan kolagen dan elastisitasnya. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit kendur.

Pertambahan usia juga akan menyebabkan otot-otot di leher melemah, jaringan-jaringan di sekitarnya juga akan merenggang dan menumpuk di bagian bawah leher. Bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin biasa saja, tapi sebagian lainnya merasa penumpukan jaringan ini sangat mengganggu penampilan.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kendur?

Kulit kendur bisa diatasi dengan beberapa cara, namun biasanya  upaya yang dilakukan tidak akan mengembalikan kulit kepada bentuk sempurna, melainkan hanya mengencangkan sebagian kulit. Jenis-jenis penanganan akan disesuaikan dengan penyebab-penyebab yang mendasari terjadinya kulit kendur.

Beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang kendur.

Skin needling

Metode ini berfungsi menginduksi atau memicu pertumbuhan kolagen dan elastin di dalam dermis. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih kencang dan tampak lebih muda. Selain itu, bagian-bagian kulit yang kendur pun akan mengencang kembali.

Face lift

Metode ini dilakukan untuk mengencangkan kulit, tapi kini dapat sekaligus mereposisi otot, kulit, dan lemak. Operasi bedah plastik ini meliputi pengangkatan dan pembuangan kulit yang menggelambir. Operasi ini hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis bedah plastik.

Radiothermoplasty

Metode ini dilakukan dengan menyalurkan energi panas ke lapisan kulit dalam. Energi panas ini berfungsi mengencangkan jaringan dan otot-otot di bawah kulit. Sebelum metode ini dilakukan, dokter akan memetakan bagian kulit yang akan ditangani terlebih dulu.

Terapi sinar laser

Penanganan dengan terapi sinar laser bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kulit yang kendur. Dengan energi panas, sinar laser akan membantu memperbaiki kerusakan kolagen, mengencangkan kulit, sekaligus mengurangi kerutan di permukaan kulit.

Asam amino

Asam amino sangat penting untuk memperbaiki tekstur kulit sekaligus memperbaiki penampilan seseorang. Sebab, zat ini bisa membantu proses peremajaan dan menyehatkan permukaan kulit, mengencangkan kulit, serta memperkuat otot-otot di balik kulit.

Produk kosmetik

Beberapa produk kecantikan yang dijual di pasaran bisa membantu mengatasi kulit kendur, misalnya krim yang mengandung retinol atau retinoid. Kedua zat ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C juga akan membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Menjaga kelembapan kulit

Pelembap kulit bisa digunakan untuk menjaga kulit tidak mengering, terutama bagi orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan kulit yang tampak menggelambir bisa tersamar.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya berfungsi menghalangi atau melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung. Tabir surya akan membuat kulit tetap lembap dan tidak mudah rusak saat terpapar sinar UVA dan UVB yang akan membahayakan kulit.

Melatih otot di sekitar wajah

Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Metode ini bisa membuat kulit mengencang, namun akan membutuhkan waktu pemulihan yang relatif lebih lama dibandingkan dengan operasi atau prosedur bedah medis lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Kulit Kendur?

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mencegah kulit mengendur, antara lain:

  • Rutin berolahraga. berolahraga secara rutin dan teratur akan mengencangkan otot-otot di bawah kulit. Jika otot mengencang, kulit pun akan ikut mengencang. Olahraga ringan di rumah bisa membantu mencegah kulit kendur.
  • Berhenti merokok. Kebiasaan buruk merokok dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan, termasuk kerusakan kulit. Menghindari rokok akan membantu menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari masalah.
  • Menerapkan diet sehat. Mengonsumsi makanan sehat dan mengandung vitamin terbukti efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran bisa membantu mencegah pelemasan otot-otot di area wajah maupun di sekitar leher.
  • Menggunakan tabir surya. Menggunakan tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruangan bisa membantu mencegah kerusakan kulit. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari dampak radiasi dari sengatan sinar matahari. Dengan begitu, kulit akan tetap sehat dan terhindar dari masalah.
Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: