Penuaan Kulit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Penuaan kulit dapat diakibatkan oleh dua hal, yaitu hal-hal yang bersifat alami (usia) dan akibat paparan sinar matahari dalam jangka panjang secara berlebihan. Di samping itu, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan pola makan tidak sehat juga dapat mempercepat penuaan kulit.

Pertambahan usia menyebabkan penipisan lapisan kulit terluar (epidermis) sehingga menyebabkan kulit lebih rentan gangguan. Kerusakan inilah yang lama-kelamaan mengakibatkan kerusakan serat kulit (elastin). Kemungkinannya, efek dari paparan ini baru akan terasa bertahun-tahun kemudian.

Pada saat elastisitas kulit makin berkurang, gravitasi akan menekan kulit ke bawah sehingga pipi dan mata terlihat menurun.

Kenapa Penuaan Kulit Perlu Mendapat Perhatian?

Waktu memang tidak dapat dihentikan, tetapi upaya perawatan kulit secara rutin dapat membuat perbedaan besar dengan memperlambat efeknya dan memperbaiki penampilan kulit. Di bawah ini adalah alasan-alasan, baik secara fisik, sosial, dan emosional, tentang alasan penuaan kulit perlu ditangani.

  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Memenuhi kebutuhan untuk sehat dan tampil awet muda demi mendukung pekerjaan ataupun alasan sosial.
  • Meningkatkan kesehatan kulit.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Terkait Penuaan Kulit

Kulit yang menua secara alami akan diikuti oleh kemunculan bintik kulit, kerut, keriput, pigmentasi, pecahnya kapiler, perubahan warna, tekstur kulit, dan berbagai kemungkinan lain. Pada wajah, kerutan-kerutan halus ini umumnya akan mulai terlihat pada kening, kulit di sekitar hidung, pipi atas, dan di sekitar mulut.

Penuaan kulit bahkan juga dapat menyebabkan munculnya tahi lalat dan tanda lahir yang sudah ada sebelumnya menjadi tampak lebih buruk. Begitu juga dengan kondisi lain yang sebelumnya belum terlihat, seperti bekas luka yang terlihat lebih jelas.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan untuk Menghambat Penuaan Kulit?

Kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini sebagai saran menjaga kulit tetap sehat dan terlihat awet muda.

  • Banyak produk anti-penuaan berharga mahal yang menjanjikan perubahan drastis. Padahal sebenarnya produk-produk anti-penuaan ini hanya dapat menangani kerusakan ringan pada permukaan kulit terluar. Meski begitu, ada hal-hal sederhana yang masih dapat didapatkan berkat produk-produk kecantikan ini untuk mengurangi efek buruk sinar matahari pada kulit.
  • Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, terutama saat kamu sedang beraktivitas di luar ruangan.
  • Sinar ultraviolet dapat menembus lapisan-lapisan dalam kulit, bahkan saat kamu sudah mengenakan pelindung sekalipun. Saran terbaik adalah tetap kenakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan pada cuaca hujan dan berawan. Utamakan tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV, UVA, dan UVB dengan SPF di atas 30.
  • Kamu bisa gunakan produk losion yang mengandung vitamin C, idebenone, atau resveratrol sebagai zat antioksidan. Sebagai tambahan, jangan lupa memilih tabir surya yang tahan air saat berenang atau beraktivitas di dalam air. Oleskan kembali tiap dua jam sekali.
  • Meski tabir surya adalah pengaman yang selalu dapat diandalkan, lebih baik untuk menghindari beraktivitas di luar ruangan jika tidak diperlukan. Jika memang terpaksa, disarankan untuk menghindari terkena sinar matahari secara langsung di antara jam 10.00-14.00.
  • Manfaatkan kacamata hitam untuk membantu mengurangi paparan sinar matahari di sekitar mata.
  • Oleskan losion pelembap sesuai jenis kulit setelah mandi. Tepuk-tepuk ringan untuk memudahkannya meresap ke dalam pori-pori kulit. Selain wajah, oleskan juga losion pelembap dan tabir surya pada tangan, termasuk punggung tangan, dan leher untuk meminimalkan atau memperlambat gejala penuaan, seperti kulit kering, bintik gelap, dan hilangnya elastisitas kulit. Tidak perlu membeli produk khusus karena yang digunakan untuk perawatan wajah juga dapat dioleskan pada bagian-bagian tubuh lain.
  • Bertambahnya usia membuat kulit menjadi mengering. Losion pelembap wajah, tubuh, dan lip balm membantu menjaga kadar air pada kulit sehingga tampak lebih muda.
  • Sangat disarankan untuk mengoleskan losion saat mencukur bulu untuk menghindari permukaan kulit yang tergores pisau cukur.
  • Pastikan tubuhmu mendapat istirahat cukup. Sekitar 7-8 jam sehari dapat dimanfaatkan untuk beristirahat.
  • Konsumsi makanan sehat yang dilengkapi dengan menu sayur-sayuran, buah-buahan, protein bebas yang lemak, dan gandum utuh.
  • Kelola stres dengan rutin berolahraga dan bermeditasi.
  • Selalu bersihkan riasan wajah sebelum tidur. Riasan wajah yang berpadu dengan debu menyebabkan penyumbatan pada pori.

Hindari Kebiasaan yang Dapat Mempercepat Penuaan Kulit

Sebagai langkah mengantisipasi penuaan kulit, disarankan untuk tidak melakukan beberapa tindakan berikut karena efeknya justru dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan kulit.

  • Menggelapkan warna kulit atau Menggelapkan warna kulit membuat kulit lebih berisiko terpapar sinar UV berlebihan yang akibatnya dapat mempercepat penuaan.
  • Membiarkan kulit terlalu sering terpapar air. Hindari mandi terlalu lama dengan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Juga hindari sabun dan pembersih wajah dengan kandungan yang terlalu keras.
  • Merokok ataupun mengonsumsi minuman keras. Keduanya membuat kulit lebih cepat kehilangan kekencangan, kering, dan keriput. Inilah alasan wajah wajah seorang perokok pada umumnya cenderung terlihat lebih cepat menua dibandingkan yang tidak merokok.
  • Hindari paparan bahan kimia keras atau racun pada kulit.
  • Terlalu cepat beralih dari satu produk kesehatan kulit ke produk lain membuatmu tidak dapat meluangkan waktu mendapatkan efek produk tersebut pada kulit. Sebuah produk baru dapat memberikan efek setelah setidaknya enam minggu sejak pemakaian pertama dan dilakukan secara rutin. Di sisi lain, kulit membutuhkan waktu empat bulan untuk meregenerasi elastin dan kolagen. Selain mencegah penuaan kulit, produk-produk ini membantu mengurangi risiko kanker kulit.
  • Terlalu banyak menggunakan produk serum, toner, dan krim malam secara sekaligus justru dapat menyebabkan gangguan kulit berupa iritasi pada permukaan kulit. Saat mencoba produk baru, cobalah untuk memulainya dengan satu produk terlebih dahulu. Setelah dua minggu, kamu dapat kombinasikan dengan produk-produk pendukung lain.
  • Tidak ada produk anti-penuaan yang dapat menangani semua permasalahan kulit secara sekaligus. Lebih baik gunakan satu demi satu produk yang spesifik menangani kondisi tertentu, misalnya satu produk untuk mengurangi kerutan halus atau satu produk untuk mengatasi bintik-bintik hitam.
  • Posisi tidur tengkurap dengan wajah menghadap ke bantal berpeluang menyebabkan kulit menjadi lebih mudah keriput. Posisi terbaik untuk mencegahnya adalah dengan tidur telentang.

Dengan menjaga kesehatan kulit lebih dini, penuaan kulit menjadi lebih mudah dihambat dan hasilnya adalah kulit tampak terawat. Siapa yang tidak menginginkan kulit senantiasa terlihat lebih muda dibandingkan usia yang sesungguhnya, bukan?

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: