Tanda Lahir

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tanda lahir adalah sebuah bercak di permukaan kulit yang muncul sebagai bawaan lahir atau muncul setelah bayi lahir. Meski tidak dianggap sebagai kondisi yang membahayakan kesehatan, namun keberadaannya sering kali mengganggu kepercayaan diri.

Di samping itu, tanda lahir juga bisa meninggalkan bekas luka yang mengganggu penampilan dan menyebabkan infeksi jika terdapat luka terbuka yang tidak segera ditangani dengan metode yang tepat.

Jenis-jenis Tanda Lahir

Warnanya berbeda-beda jika dibandingkan dengan bagian kulit di sekitarnya, misalnya berwarna cokelat, biru, merah, merah muda, atau sawo matang. Begitu pula dengan bentuknya yang beragam, bisa berukuran lebih besar, lebih kecil, datar, maupun menonjol. Secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Tanda lahir vaskular

Biasanya berwarna ungu, merah, atau merah muda. Sering muncul di area leher dan wajah. Jika kelainan terjadi di permukaan pembuluh darah, maka akan tampak kemerahan, ungu, atau merah muda. Jika gangguan terjadi di dalam pembuluh darah, maka akan tampak kebiruan.

Secara lebih spesifik, tanda lahir vaskular terdiri dari tiga jenis, antara lain:

  • Capillary malformation. Biasanya muncul dengan warna merah atau ungu di bagian wajah, dada, atau punggung. Ukurannya beragam dengan diameter dimulai dari beberapa millimeter hingga beberapa centimeter.
  • Infantile haemangioma. Jenis ini berbentuk menonjol dengan warna merah, menyerupai buah stroberi. Kondisi ini banyak ditemukan pada wanita dan ukurannya kadang bisa membesar dan menghilang seiring waktu.
  • Salmon patch. Berwarna kemerahan dan sering muncul di bagian kelopak mata, dahi, atau leher bayi. Salmon patch dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Tanda lahir berpigmen

Umumnya bisa muncul di bagian tubuh mana pun dan berwarna cokelat atau sawo matang. Terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

  • Mongolian spots. Berbentuk menyerupai luka memar dengan warna abu-abu atau kebiruan. Sering kali ditemukan pada punggung bagian bawah atau pada bagian bokong bayi yang baru lahir.
  • Café-au-lait spots. Umumnya berwarna cokelat dan banyak ditemukan pada bayi yang baru lahir. Muncul dengan jumlah yang cukup banyak, yaitu antara 2-6 bercak.
  • Congenital melanocytic naevi. Jenis ini berbentuk tahi lalat berwarna cokelat. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan sel pigmen yang berlebihan pada kulit. Ukurannya beragam, mulai dari 1,5 cm sampai lebih dari 20 cm.

Apa yang Menjadi Penyebab Tanda Lahir?

Penyebabnya bisa berbeda-beda, bergantung kepada jenisnya. Tanda lahir vaskular disebabkan oleh kelainan pembuluh darah di bawah kulit, sedangkan tanda lahir berpigmen disebabkan oleh sel pigmen yang berkumpul menjadi satu menyerupai sebuah gugusan.

Pada kasus yang dinilai jarang terjadi, tanda lahir tertentu bisa menyebabkan komplikasi jika kondisinya memburuk dan dibiarkan tanpa menjalani penanganan. Salah satu komplikasi adalah hemangioma. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Tanda Lahir?

Meski dapat menghilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus tetap membutuhkan penanganan khusus demi mencegah komplikasi yang membahayakan.  

  • Operasi plastik. Metode ini cocok digunakan untuk mengatasi salah satu jenis komplikasi, yaitu hemangioma. Operasi plastik dilakukan jika hemangioma membuat kulit terlihat cacat. Pengobatan ini bertujuan memperbaiki penampilan kulit yang rusak.
  • Cangkok kulit. Metode pengobatan ini cocok dilakukan pada penderita congenital melanocytic naevi yang sudah menjalani operasi. Cangkok kulit dilakukan jika operasi plastik meninggalkan bekas luka di permukaan kulit. Dokter akan mengambil lapisan kulit di bagian tubuh yang lain dan menanamkannya pada wilayah yang rusak.
  • Propranolol. Obat penghambat beta, seperti propranolol, direkomendasikan jika hemangioma meluas. Obat ini berfungsi menghambat atau mengurangi suplai darah ke area tanda lahir yang mengganggu sehingga akan menyamarkan bercak-bercak.
  • Terapi sinar laser. Metode ini hanya digunakan untuk menangani capillary malformation. Terapi sinar laser lebih efektif jika dilakukan pada anak-anak karena bentuk capillary malformation pada orang dewasa cenderung menonjol dan bergelombang sehingga lebih sulit untuk ditangani.
  • Kosmetik. Peralatan kosmetik bisa digunakan untuk menyamarkan keberadaan tanda lahir sehingga menjadikannya tidak kasat mata dan bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Bagaimana Cara Mencegah Komplikasi Tanda Lahir?

Kemunculan tanda lahir memang tidak bisa dicegah dan nyatanya berisiko menimbulkan dampak tertentu. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya efek samping atau komplikasi yang membahayakan. Langkah-langkah antisipasi tersebut meliputi:

  • Memeriksakan kesehatan kulit kepada dokter sesaat setelah bayi lahir untuk memastikan apakah terdapat tanda lahir yang berbahaya.
  • Hubungi dokter jika tanda lahir menyebabkan perdarahan, gatal, bernanah, berubah warna, atau meluas. Jika sudah demikian, dikhawatirkan sebagai gejala dari penyakit kulit tertentu.
  • Hindari paparan sinar matahari berlebihan. Paparan sinar matahari secara langsung bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Untuk mengantisipasi tahi lalat yang membahayakan, disarankan untuk memeriksakannya kepada dokter kulit atau ahli estetika berlisensi untuk mendapatkan penanganan dan pencegahan yang tepat.

Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: