Mikrodermabrasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Apa yang Dimaksud dengan Prosedur Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi adalah perawatan kecantikan wajah yang ditujukan untuk memperbaiki gangguan penampilan kulit sebagai akibat kelainan pigmentasi yang memicu tidak meratanya warna kulit, kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari, stretchmark, dan bekas luka ringan.

Prosedur ini menggunakan alat yang akan menebarkan partikel-partikel intan pada permukaan kulit secara langsung. Partikel ini akan mengikis lapisan kulit terluar yang diinginkan dengan lembut sehingga lapisan yang rusak akan terkelupas.

Terakhir, sel-sel kulit rusak yang terkelupas akan disedot dan disingkirkan. Sebagai hasilnya akan muncul lapisan kulit yang baru dan lebih segar.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Menjalani Prosedur Mikrodermabrasi?

Prosedur mikrodermabrasi sebaiknya dilakukan oleh seorang dokter kulit di klinik kesehatan atau ahli estetika berlisensi demi mendapatkan tingkat keamanan dan hasil akhir yang terjamin. Dalam hal ini, dokter kulit atau ahli estetika akan mencari tahu riwayat kesehatan pasien terlebih dahulu dan melakukan tes kondisi kulit.

Pasien yang belum lama menjalani prosedur perawatan kecantikan tertentu, seperti baru menjalani terapi suntik botox (neuromodulator), sebaiknya mengonsultasikan langkah ini terlebih dahulu.

Pasien juga diharapkan untuk proaktif mencari tahu mengenai hasil yang bisa didapatkan, risiko efek samping, serta ekspektasi menjalani prosedur ini dari dokter kulit atau ahli estetika. Pada umumnya, terdapat beberapa saran tambahan untuk calon pasien, seperti:

  • Batasi terpapar sinar matahari secara langsung atau menjalani perawatan waxing sebelum dan setelah menjalani prosedur ini.
  • Jangan membersihkan wajah dengan pembersih yang bukan sabun atau berbahan aktif nonminyak sebelum menjalani prosedur ini.
  • Hindari penggunaan krim oles pengelupas kulit, terutama krim jerawat dan krim tretinoin setidaknya tiga hari sebelum menjalani prosedur ini.

Kapan Saat yang Tepat Menjalani Prosedur Mikrodermabrasi?

Prosedur mikrodermabrasi paling tepat diterapkan untuk mengatasi beberapa kondisi gangguan pada kulit, seperti:

Siapa yang Tidak Direkomendasikan Menjalani Prosedur Mikrodermabrasi?

Seseorang dengan kondisi gangguan kesehatan kulit tertentu berkemungkinan besar tidak direkomendasikan oleh dokter kulit atau ahli estetika untuk menjalani prosedur mikrodermabrasi. Kondisi-kondisi tersebut meliputi:

  • Jerawat parah kronis.
  • Diabetes parah kronis.
  • Kerusakan pembuluh vaskular dan kapiler.
  • Luka terbuka sehingga menimbulkan infeksi.
  • Psoriasis.
  • Kutil.
  • Lupus.
  • Rosacea.

Apakah Prosedur Mikrodermabrasi Terasa Menyakitkan?

Berbeda dengan prosedur dermabrasi yang terasa menyakitkan, perawatan kecantikan melalui prosedur mikrodermabrasi tidak perlu menggunakan obat bius dikarenakan tidak terasa sakit.

Apa Risiko Efek Samping atau Komplikasi Prosedur Mikrodermabrasi?

Risiko efek samping dari prosedur ini bisa diminimalkan sebaik mungkin. Partikel-partikel kristal berisiko mengakibatkan iritasi jika sampai terpapar kepada mata. Oleh karena itu, pasien diharuskan mengenakan pelindung mata khusus. Dengan begitu, risiko iritasi mata dapat dicegah.

Pasien juga perlu mewaspadai terjadinya iritasi kulit dan infeksi akibat luka yang mungkin ditimbulkan.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Menjalani Prosedur Mikrodermabrasi?

Salah satu keunggulan dari prosedur ini adalah masa penyembuhannya yang relatif tidak membutuhkan waktu lama. Perawatan kecantikan ini juga tidak menjadikan aktivitas di keseharian pasien terhambat.

Pasien diperbolehkan memadukan prosedur perawatan kecantikan mikrodermabrasi dengan chemical peeling dan laser resurfacing dengan aman. Meski begitu terdapat beberapa hal yang pasien perlu perhatikan setelah menjalaninya, yaitu:

  • Hindari mengenakan make up untuk sementara waktu.
  • Hindari terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Pada 1-2 hari setelah perawatan, pasien mungkin mengalami ruam, iritasi ringan, pengupasan lapisan kulit, dan koreng. Kondisi-kondisi ini dinilai wajar dan akan segera pulih.
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut.
  • Jangan gunakan sembarang krim. Hanya gunakan krim pelembap tiap enam jam selama tiga hari.
Share.

About Author

Tulis Komentar

%d bloggers like this: